RSS

NGegosip=istri sumanto si kanibaL??? Oh noo…

15 Apr

“ini bukan gossip Lho ya jeng..ini FAKTA, kenyataannya dia tuh ternyata bLa bLa…..” .
Ckckck..ya sama aja non, membicarakan orang dengan hal yang tidak disukainya seandainya ia mendengar, baik tentang kekurangan yng ada pada badan, nasab (keturunan), akhlak, perbuatan, perkataan, agama, dunianya, bahkan pakaian, rumah dan kendaraannya. namanya tetep ghibah ,

Andai mereka tahu (sebenarnya udah tahu tapi pura2 Ngga tahu), kaLo gossip=gibah=ngomongin orang=menggunjing=sumanti=istrinya sumanto si kanibal pemakan manusia,,
Hehe..knpa gitu?? Ya iyaLah ..udah jeLas pada QS. Al Hujurat, 049:012

“Janganlah sebagian kamu menggunjing (ghibah) sebagian yang lain, sukakah seorang diantaramu memakan saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.”

Nih kebiasaan yang kadang ga kita sadarin , pas Lagi ngumpuL bareng temen, cuman buat basa basi akhirnya keLuar juga topik pembicaraan yang beLok kemana2,ngomongin orang yang aLhasiL pahaLa2 dari ibadah kita seLama ini dengan sengaja kita transfer ke orang Yang kita bicarain , sebagai baLasannya dosa2 orang itu yang kita dapatkan.. atau pas Lagi nonton televisi (acara gossip 24 jam) ..padahaL kita diem manggut2 aja nontonnya , tapi ga taukan?? Dosa numpuk menggunung??

Astagfirullah..ayo kita perbaiki diri, waLaupun kita anggap ni masaLah keciL, tapi ada baiknya dari haL keciL ini duLu kita beresin..

Nahh..kita bisa nyoba beberapa Tips ini buat ngehindarkan Diri Dari Ghibah..cekedot..

1. Berbicara Sambil Berfikir

Cobalah untuk berpikir sebelum berbicara, ‘perlukah saya mengatakan hal ini?’ dan kembangkan menjadi, ‘apa manfaatnya ? Apa mudharatnya?’. Berarti, otak harus senantiasa digunakan, dalam keadaan sesantai apapun. Seperti Rasulullah saw, yang biasanya memberi jeda sesaat untuk berfikir sebelum menjawab pertanyaan orang.

2. Berbicara Sambil Berzikir

Berzikir di sini maksudnya selalu menghadirkan ingatan kita kepada Allah SWT. Ingatlah betapa buruknya ancaman dan kebencian Allah kepada orang yang ber-ghibah. Bawalah ingatan ini pada saat berbicara dengan siapa saja, dimana saja dan kapan saja.

3. Tingkatkan rasa Percaya Diri

Orang yang tidak percaya diri, suka mengikut saja perbuatan orang lain, sehingga ia mudah terseret perbuatan ghibah temannya. Bahkan ia pun berpotensi menyebabkan ghibah, karena tak memiliki kebanggaan terhadap dirinya sendiri sehingga lebih senang memperhatikan, membicarakan dan menilai orang lain

4. Buang Penyakit Hati

Kebanyakan ghibah tumbuh karena didasari rasa iri dan benci, juga ketidakikhlasan menerima kenyataan bahwa orang lain lebih berhasil atau lebih beruntung daripada kita. Dan kalau dirinya kurang beruntung, diapun senang menyadari bahwa masih banyak orang lain yang lebih sengsara daripaad dirinya.

5. Posisikan Diri

Ketika sedang membicarakan keburukan orang lain, segera bayangkan bagaimana perasaan kita jika keburukan kita pun dibicarakan orang. Seperti hadis yang menjanjikan bahwa Allah akan menutupi cacat kita sepanjang kita tidak membuka cacat orang lain, sebaliknya tak perlu heran jika Allah pun akan membuka cacat kita di depan orang lain jika kita membuka ` cacat orang.

6. Hindari, ingatkan, diam atau pergi
Tentu aja Kurangi nongkrong di tempat yang nikmat untuk bergosip, kaLo emang dah ada tanda-tanda bakaL ngegosip, ya kita pergi aja deh..hehehee..Pujilah diri sendiri setiap kali berhasil menahan untuk tidak bergosip tentang suatu hal yang baru kamu ketahui,

7. dan Rajinlah membaca Al Qur’an, lalu salurkan bahan gosipmu dengan membahas sesuatu yg bermanfaat atau berdiskusi.

seLamat mencoba ^_^

 
Leave a comment

Posted by on April 15, 2011 in Tips n' Trik

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: