RSS

Doa Khatmil Qur’an

Ya ALLah , dengan Al Quran, karuniakanlah kasih sayang-Mu kepada hamba. Jadikan Al-Quran sebagai imam, cahaya, hidayah, dan sumber rahmat bagi hamba.

Ya ALLah, ingatkan hamba bila ada ayat yang hamba lupa mengingatnya. Ajarkan pada hamba, ayat yang hamba bodoh memahaminya. Karuniakan pada hamba kenikmatan membacanya, sepanjang waktu, baik tengah malam, atau tengah hari. Jadikan Al-Quran bagi hamba sebagai hujjah, ya Rabbal Alamin.

Ya ALLah , karuniakan kebaikan kepada hamba dalam beragama, yang merupakan kunci kehormatan bagi hamba. Karuniakan kebaikan kepada hamba didunia, yang merupakan tempat hamba menjalani hidup. Karuniakan kebaikan akhirat bagi hamba , yang merupakan tempat hamba kembali. Jadikan kehidupan hamba senantiasa lebih baik. Jadikan kematian sebagai kebebasan hamba dari segala keburukan.

Ya ALLah , jadikan umur terbaik hamba dipenghujungnya, jadikan amal terbaik hamba di penutupnya, jadikan hari-hari terbaik hamba saat bertemu dengan-Mu.

Ya ALLah, hamba memohon kepadaMu kehidupan yang jembar, kematian yang normal, dan tempat kembali yang tidak menyedihkan dan terhindar dari prahara.

Ya ALLah , hamba memohon kepada-Mu, permintaan yang terbaik, doa yang terbaik, kesuksesan yang terbaik, amal yang terbaik, pahala terbaik, kehidupan terbaik, kematian terbaik. Kuatkanlah hamba beratkanlah timbangan kebajikan hamba, realisasikan keimanan shalat hamba, tinggikan derajat hamba, terima shalat hamba,, ampuni dosa-dosa hamba dan hamba memohon syurga tertinggi..

Ya ALLah, hamba memohon karunia yang wajib Engkau berikan , ampunan yang harus Engkau karuniakan, keselamatan dari segala dosa, ghanimah dari segala kebajikan dan kemenangan mendapat syurga, serta keselamatan dari api neraka.

Ya ALLah, karuniakan bagi hamba dalam segala urusan, berikan pahala kepada kami dari segenap luka dunia dan siksa akhirat.

Ya ALLah, anugerahkanlah untuk kami rasa takut kepada Mu, yang membatasi antara kami dengan perbuatan maksiat kepadaMu, dan anugerahkanlah ketaatan kepadaMu yang akan menyampaikan kami ke syurgaMu., anugerahkan pula keyakinan yang akan menyebabkan ringannya bagi kami segala musibah didunia ini. Ya ALLah, anugerahkanlah kenikmatan kepada kami melalui pendengaran, penglihatan , dan dalam kekuatan kami selama kami masih hidup, dan jadikanlah ia warisan dalam hidup kami. Jadikanlah balasan kami atas orang-orang yang menganiaya kami, dan tolonglah kami terhadap orang yang memusuhi kami. Janganlah Engkau jadikan musibah kami ada dalam urusan agama kami. Janganlah Engkau jadikan dunia ini adalah cita-cita terbesar dan puncak dari ilmu kami. Jangan Engkau jadikan berkuasa atas kami, orang-orang yang tidak mengasihi kami.

Ya ALLah, jangan pernah Engkau tinggalkan dosa, melainkan Engkau ampuni. Tidak ada yang kecuali Engkau penuhi, dan tidak ada satu kebutuhan dunia dan akhirat kecuali Engaku penuhi, wahai Tuhan seluruh alam.

Ya Rabb kami, berikan kepada kami kebajikan didunia dan kebajikan diakhirat serta jagalah kami dari api neraka.
Semoga shalawat dan salam senantiasa terlimpah curah kepada Nabi Muhammad, keluarga serta para sahabat terpilih…

amin..

 
Leave a comment

Posted by on December 28, 2011 in Kata - kata Mutiara

 

jika itu bukan kamu..

Jika itu bukan dirimu
Mengapa hatiku merasa gembira hari ini?
Jika itu bukan dirimu
Mengapa tanganku seserasi ini dengan tanganmu?
Jika kau bukan milikku
Mengapa hatimu membalas panggilanku?
Jika kau bukan milikku
Mungkinkah aku punya kekuatan untuk berdiri?

Aku tidak pernah tahu apa yang ada di masa depan
Tapi aku tahu kau di sini bersamaku saat ini.
Kita akan melaluinya.
Dan kuharap denganmulah akan kuhabiskan sisa hidupku.

Aku tidak ingin melarikan diri, tapi aku tidak bisa terima, aku tidak mengerti
Jika aku tidaklah tercipta untukmu, mengapa hatiku berkata lain?
Adakah jalan lain agar aku bisa tetap tinggal dalam rangkulanmu?

Jika aku tidak membutuhkanmu
Mengapa aku menangis di atas ranjangku?
Jika aku tidak membutuhkanmu
Mengapa namamu menggema di kepalaku?
Jika kau bukanlah untukku
Mengapa jarak antara kita mengoyakkan hidupku?
Jika kau bukanlah untukku
Mengapa aku memimpikanmu sebagai istriku?

Sampai sejauh ini aku tidak mengerti hidup
Tapi aku tahu ia hanyalah perjalanan.
Kita akan melaluinya.
Dan kuharap denganmulah akan kuhabiskan sisa hidupku.
Dan aku berharap bersamamulah aku akan mati.
Dan aku berdoa semoga denganmulah akan kubangun rumahku.
Kuharap aku mencintaimu sepanjang hidupku.

Aku tidak ingin melarikan diri, tapi aku tidak bisa terima, aku tidak mengerti
Jika aku tidaklah tercipta untukmu, mengapa hatiku berkata lain?
Adakah jalan lain agar aku bisa tetap tinggal dalam rangkulanmu?

Karena aku merindukanmu, jiwa dan raga, sangat kuat
Sampai-sampai aku kehabisan nafas.
Dan akupun menghirup dirimu ke dalam hatiku
Dan berdoa semoga aku punya kekuatan untuk berdiri hari ini
Karena aku mencintaimu, aku tidak peduli ini benar atau salah
Dan meskipun aku tidak bisa bersamamu malam ini
Kau tahu hatiku berada di sisimu.

Aku tidak ingin melarikan diri, tapi aku tidak bisa terima, aku tidak mengerti
Jika aku tidaklah tercipta untukmu, mengapa hatiku berkata lain?
Adakah jalan lain agar aku bisa tetap tinggal dalam rangkulanmu?

If You’re Not The One (Jika Itu Bukanlah Dirimu) – Daniel Bedingfield

 
Leave a comment

Posted by on December 28, 2011 in favorite song

 

Kenapa harus tersenyum??

Engg…kenapa ya?? (yg tau angkat kaki :P)
Kadang kita lupa untuk tersenyum, mungkin karena kegiatan kita yg begitu melelahkan , belum lagi hal2 lain yg membuat kita jengkel, ataupun masalah2 yg datang silih berganti,,
Ada jg temen2 yg biLang kLo wajahnya emang udah terbentuk buat selalu keliatan cemberut, ga bisa senyum dan parahnya mereka nyaman2 aja dg keadaan seperti itu, yg menurutnya patut dipertahankan ..(astgfrlhzm..
Alhasil…wajah kita jauh dari senyuman, yg membuat orang2 bergidik saat melihat kita, hihi…(kabuuuuuuurrrr……

Hmm…sobat, aku ngerti kok, sebenarnya mereka orang2 yg baik, tapi senyum akan membuat kita menjadi lebih baik lagi^^
yg aku tahu tersenyum itu menyenangkan  setuju ga??
Senyum ituuu…haL yg paling sederhana dan paling gampang dilakukan .
Senyum ituuu…sedekah yg paling murah, sedekah ituuu… ibadah, ibadah ituuu dapat pahala, wiiiih…banyak pahala brati masuk surgaaa…
Selain hal2 diatas, ternyata banyaaaaaaaakk banget alasan yg mewajibkan kita (W.A.J.I.B) untuk selalu tersenyum dalam keadaan apapun, Lets chekedot :D

1. senyum = kebahagiaan
Kata sumber yg aku baca, “Cobalah paksakan diri anda untuk tersenyum selama 30 detik mulai dari sekarang.
Wowowow..apa-apaan?? Senyum kok dipaksa-paksa???
Hehe..iyaa…ini semua buat latihan, buat orang2 yg kurang bisa senyum dibutuhkan sedikit pemaksaan..gkgk….lakukan hal ini saat kita sedang dalam masalah. Dengan membiasakan tersenyum, ga peduli gimana perasaan kita saat itu, didalam tubuh kita bakal ada reaksi2 kimia yg bakal bikin kita bahagiaaaa…ulalaaaa…ayo coba n rasakan ”

2. Senyuman dapat merubah keadaan kita
Pernah ga, kita merasa putus asa, marah atau bosan, sebuah senyuman akan mengubah keadaan emosi kita menjadi lebih positif. Dan pikiran yg positif bukan cuman mmbuat hidup kita menyenangkan, tapi jg membuka segala kemungkinan lain di dalam pikiran kita^^..
Kita bakal ngliat dunia dg cara yg berbeda lewat kacamata kebahagiaan, trus kita bisa dengan mudahnya merencanakan hal-hal positif bareng banyak orang setiap harinya..
Bandingkan saat kita ada masalah, kita malah marah-marah ga jelas, muka ditekuk seribu (gmn tuh?) , pikiran jadi buntu, liat pisau rasanya mau ngirissss…..ngirisss bawang (laper soalnya..) dan masalah yg kecil pun menjadi besar …ckck..parah..(makanya, senyum dooong!!)

3. Senyuman dapat mengubah keadaan orang lain
Kalo kamu memulai harimu dan berjalan kekampus dengan senyuman manis diwajahmu, . Semua orang akan berbalik tersenyum ma kamu. Uuuhhh….senengnya berbagi senyum ^^ Hal ini bakal banyak membantu mencairkan ketegangan atau kekakuan yang ada. Senyuman kita bakal membuat hari-hari menjadi lebih santai dan penuh dengan kegembiraan. Orang lain pun akan terhibur ketika melihat keramahan kita dengan tersenyum tulus kepada mereka.. yahhh..dapat pahala lagi deh kita karna menyenangkan orang lain..

4. Tersenyum? Apa ruginya?
Ketika memilih antara mengerutkan dahi, ekspresi kosong atau tersenyum, kayaknya pilihan terakhir adalah pilihan yang paling keren,paling top markotop :D Seringkali kita lupa untuk tersenyum atau mungkin kita tidak terlalu suka untuk tersenyum. Tapi kalo kita berusaha untuk menggunakan senyuman sesering mungkin, kita lama-kelamaan akan mempunyai kebiasaan yang baru, kebiasaan yang jauh lebih positif. Jika kita termasuk orang yang selalu memperhitungkan untung rugi untuk segala hal, cobalah pertanyaan ini, ‘apa ruginya kita tersenyum?’

5. Lebih mudah untuk tersenyum daripada melakukan yang sebaliknya
“Dibutuhkan tujuh puluh dua otot untuk berkerut, tetapi hanya tigabelas otot untuk tersenyum.”
- Anonim –
Uummm….berapa kali lipat tuh???? Yakin Loe masih milih buat cemberut? Milih muka datar? Beneran ga tertarik mencoba untuk tersenyum??
Jadi sebetulnya kita menggunakan jauh lebih sedikit otot ketika tersenyum dibandingkan saat kita mengerutkan dahi atau memasang muka marah. Dengan membiasakan diri untuk tersenyum, maka otot tersenyum kita akan menjadi lebih kuat daripada otot untuk mengerutkan dahi kita, sehingga lama kelamaan kita akan lebih mudah untuk tersenyum daripada melakukan hal yang sebaliknya.

http://www.akuinginsukses.com/5-alasan-mengapa-anda-harus-banyak-tersenyum/

senyum? Haduuh…gw kan mw sok cool (durrrbakk..) ..
nonono…don’t say it anymore!! Ayo senyum..senyuuumm ^____^
aaaaaaa…..buruan senyuuum….gkgk…emang sulit sih, kalo kita belum mencoba, .ayooo senyuuumm duluu..
tuuuh kan manis banget kalo tersenyum, hihi..

 
Leave a comment

Posted by on December 28, 2011 in Kata - kata Mutiara

 

Ibu..

hiks…. (lho? Ceritanya belum mulai nih, qo udah nangis^^,)

Sore itu, hujan rintik-rintik, suasana yang dingin membuat perutku keroncongan, uugh…lapar…. Aku putuskan untuk memanjakan lidahku dengan membeli nasi goreng di sebuah warung makan tak jauh dari kost’an ku.

Hmm.. seperti biasa, sesampai disana aku harus mengantri dengan para pembeli lainnya. Sambil menunggu, ku perhatikan tingkah pola seorang anak (mungkin berumur 4-5tahun) sibuk memainkan kunci motor milik ibunya.. “jepriiiiiii…jangan nakal nah, handak mama tampilingkah ??” tegur seorang ibu sambil berusaha merebut kunci dari anak tangannya. Anehnya anak itu malah semakin menjadi dengan menyembunyikan kunci tersebut, sambil mengejek “apa ma, kadada ma ae, mana? Kadada, weee…”.olok sang anak. Tak ayal kata-kata hujatan semakin berhamburan pula dari mulut sang ibu “kada kawa bediam ikam tuh, merepotkan banar” teriak sang ibu membuat warung semakin gaduh. Selama menunggu pesanan, tak henti-hentinya sang ibu menghardik anaknya yang masih begitu kecil, yang masih sangat senang bermain, namun sepertinya sang ibu tak mengerti apa keinginannya. beberapa saat kemudian pesanan mereka telah didapatkan dan mereka pun pulang.
Tak terasa, airmata bening menetes ketika melihat kejadian itu, seketika muncul wajah ibuku dirumah, betapa baru ku sadari, kelembutan ibu merawatku sejak kecil, aku memang sedikit membandingkan kejadian tadi dengan kehidupanku sendiri, aku begitu beruntung memiliki ibu yang penuh kasih sayang, tak pernah keluar kata-kata kasar dari bibir manisnya, beliau begitu takut untuk menyakiti hati anak-anaknya, bisikku sendiri. Akupun pulang dengan sebungkus nasi goreng, sambil mengelap sisa air mataku ,dan terus teringat kejadian tadi,

Ya ALLah, bagaimana jadinya saat anak itu besar nanti??
Mengapa harus kau contohkan hal seperti itu, wahai para ibu tercinta?
Bukankan sosokmu begitu dekat dengan kehangatan dan kelembutan??
Ya., benar.….…hati kecilku mengatakan, mungkin setiap ibu memiliki cara yang berbeda untuk mendidik anaknya, atau mungkin perlakuan kasar itu telah sang ibu dapatkan dimasa lalunya saat ia masih anak-anak, sehingga ia menerapkan hal yang sama pada anaknya sekarang.. Apapun caranya, tetaplah ia seorang ibu yang selama 9 bulan mengandung dan melahirkan anak-anaknya dengan mempertaruhkan jiwa dan raga.

bersinar kau bagai cahaya,
yang selalu beriku penerangan..
selembut sutra kasihmu kan selalu kurasa
dalam suka dan duka …
kaulah ibuku, cinta kasihku..
pengorbananmu takkan pernah terhenti..
kau bagai matahari yang selalu bersinar..
sinari hidupku dengan kehangatanmu…

suara merdu Farhan menambah sesak dada ini..
salam cinta kusampaikan untuk seluruh ibu..
begitu banyak generasi penerus negeri ini,
yang dipercayakan oleh ALLah swt di dalam rahim mungilmu..
dan akhirnya akan kau rawat dengan kasihmu,
maafkan kami yang selalu membuatmu marah dengan tingkah kami ,,
terimakasih untuk segalanya,
kami menyayangimu, ibu…….

 
Leave a comment

Posted by on December 20, 2011 in Kisah Inspiratif

 

Mendapatkan masalah itu menyenangkan..


Haha..judul yg aneh, emangnya ada orang yang dapat masalah, menjadi senang??
Dimana2 itu klo ada masalah pasti …ya sedih..marah, kecewa, bingung, pusing, sampai pingsan, bunuh diri …(naudzubillahimindzalik)….

Bener ga ??
Tapi saat ini beda, hehe…(kayaknya..)
Saat aku mendapatkan masalah, aku malah senang dan bersyukur, aku menangis bahagia, bukan menangis karena terpuruk..
Kenapa aku begitu senang saat mendapatkan masalah??
Karena, aku memiliki banyak cita-cita, banyak impian, banyak doa dan harapan yang aku pinta tentunya hanya kepada ALLah SWT, namun semua keinginan itu ga bakaL terjadi tanpa adanya suatu proses,

Layaknya sebuah makanan, makanan akan begitu nikmat jika dibuat dengan kerja keras, pengorbanan, keaslian bumbu masakan, waktu yang ga sebentar, dengan ketulusan, kasih sayang, ditambah karena perut kita menjadi begitu lapar saat telah melakukan proses itu..sehingga membuat makanan itu menjadi luarbiasa nikmat saat kita memakannya..
Berbeda dengan makanan yang dibuat secara praktis, dengan campuran bahan kimia , bahan pengawet, tanpa ada belas kasihan meracuni tubuh kita yang memakannya.

Begitu pula dengan masalah-masalah ku, ini semua adalah proses yang akan membuat doa-doaku menjadi kenyataan,
Aku berdoa agar ALLah SWT membantu menjadikanku wanita muslimah , aku ingin membahagiakan orangtuaku, aku berharap bisa menjadi teman yg baik bagi semua sahabat-sahabatku, aku, aku, aku begitu banyak meminta, sehingga wajar bila ALLah juga akan memberikan latihan extra agar aku mampu mendapatkan hadiah hasil dari segala masalah-masalah ku..

Beberapa waktu ini aku bersedih, karena aku merasa hampa di sujud setiap malam saat aku menghadapNya, lama tak kurasakan indahnya memohon meminta belas kasihan dari-Nya dan linangan airmata tak lagi menyertai, hidup yang ku lalui walaupun rutin dengan ibadah-ibadah harianku , tapi aku merasa ada sesuatu yang kurang, ,
Dan akhirnya aku tahu, akhir-akhir ini segala sesuatu berjalan selalu sesuai dg yang ku inginkan, tak ada masalah , atau mungkin aku yang selalu menganggap masalah itu bukan suatu masalah?? Atau mungkin juga karena buku-buku motivasi yang ku baca membuat ku dapat menangani masalah-masalah itu, ,
Yang ku tahu, setiap masalah selalu datang dengan penyelesaiannya,
Yang ku tahu, setiap masalah tidak akan melampaui kemampuan di dalam diri,
yang ku tahu, aku hanya butuh kerja keras dan pengorbanan untuk menyelesaikan masalah ..
Yang aku tahu, semua akan mengalir seperti air, kita hanya perlu menjalani dan semua pasti akan terlewati..
Yang aku tahu, masalah akan hilang saat kita tersenyum bersama teman-teman…
Yang aku tahu, masalah itu adalah anugerah..
lalu apa yg harus aku khawatirkan??

Ya, benar, sekarang aku mulai pintar, dan mungkin aku sudah lulus ujian tahap ini, beberapa doaku pun telah ALLah kabulkan ,,

Dan ALLah tahu, aku butuh masalah yang lebih sulit, yang tak mampu aku selesaikan sendiri, yang mengembalikan diriku sebagai manusia biasa.

Sungguh…..aku rindu menjadi menjadi manusia yang merasa sangat membutuhkan Tuhan-Nya, aku rindu memohon belas kasihan-Nya, aku rindu nikmat menjadi orang bodoh yang tidak tahu apa-apa untuk menyelesaikan sesuatu, aku rindu saat aku menangis tersedu-sedu di tengah malam saat menceritakan penderitaanku kepada-Nya, aku rindu menjadi hamba-Mu yang penuh dengan kekurangan..
Dengan segala kelebihan yang telah Engkau berikan , kadang diri ini membutuhkan suatu masalah sebagai tanda sayang-Mu untuk melunakkan kembali hati yang hampir mengeras..dan itu membuatku senang saat aku mendapatkan masalah.
Ya ALLah , terimakasih ^_^

 
Leave a comment

Posted by on September 7, 2011 in Uncategorized

 

Mahasiswa berkuda kunjungi SDN Semangat Dalam Kec.ALaLak Kab.Barito kuaLa

“SEMANGAT..SEMANGAAT..SEMANGAAATT…” teriak anak-anak saat di beri tanda untuk melakukan yel-yel bersama para mahasiswa dari Kampus STIKES Muhammadiyah Banjarmasin.

Ya, itu hanyalah salah satu kegembiraan anak-anak SDN Semangat Dalam saat mengikuti kegiatan penyuluhan kesehatan sikat gigi dan mencuci tangan pada Sabtu, 23 Juli 2011, mereka tampak begitu antusias dengan kegiatan.

terbukti dengan lancarnya acara yang berlangsung mulai pukul 08.30 sampai 10.00 WITA. Acara yang menjadi program kerja UKM Sosial Masyarakat BEM STIKES Muhammadiyah ini bisa di bilang sukses, lancar sesuai rencana, berkat kekompakan dan kerjasama panitia segala persiapan selama seminggu pun dilakukan bersama untuk kegiatan tersebut.

SDN Semangat Dalam adalah sekolah dasar yang berada pada Kecamatan ALaLak Kabupaten Barito Kuala, perjalanan menuju Sekolah ini membutuhkan waktu kurang lebih setengah jam perjalanan, dikarenakan kondisi jalan yang rusak dan belum beraspal, alhasil, para mahasiswa yang menjadi panitia kegiatan penyuluhan kesehatan ini, harus berjuang melewati jalan berbatu-batu dan berlubang-lubang yang membuat mereka serasa sedang mengendarai kuda, tapi hal ini terbayarkan dengan respon positif yang diberikan adik-adik SDN Semangat Dalam saat menyambut kedatangan para mahasiswa, bahkan guru-guru dan masyarakat sekitar ikut gembira.

Kegiatan ini melibatkan seluruh siwa SDN Semangat dalam yang berjumlah 135 siswa mulai dari kelas 1 sampai kelas 6, untuk kemudahan penyampaian materi, maka di bagi 2 kelompok besar, kelompok A terdiri dari kelas 1,2,3 dengan Nanda sebagai pemateri, sedangkan di kelompok B terdiri dari kelas 4,5 dan 6 dengan aya sebagai pemateri. Kedua mahasiswa tersebut dengan lihainya memperagakan dan memberikan penyuluhan kepada adik-adik tentang bagaimana cara mencuci tangan dan menyikat gigi yang baik dan benar, dibantu oleh kawan-kawan panitia yang lain yang berjumlah kurang lebih 20 orang antara lain rizkan, ami, jumaidi, eko, vera, lati, laili, muyassar, jejen marleni, yeyen, ubad, gede, nindya, nita, selvi, raudah, dan zaidani,, di akhir penyuluhan membagikan secara merata berupa bingkisan yang terdiri dari sikat+pasta gigi, stiker kesehatan dan buah apel kepada setiap siswa SDN Semangat Dalam.


Permainan lomba kelereng yang dilakukan dihalaman sekolah menjadi puncak kegembiraan anak-anak dan para mahasiswa yang menjadi panitia, games kelompok ini ditujukan untuk melatih kekompakan para siswa dengan teman-teman yang lain, walaupun panas terik matahari tak menurunkan semangat anak-anak untuk berlomba memenangkan hadiah yang telah disediakan panitia.

Selain penyuluhan kesehatan mencuci tangan dan menyikat gigi, mahasiswa anggota UKM Sosial Kemasyarakatan juga menyumbangkan beberapa bibit pohon untuk ditanam dihalaman SDN Semangat dalam, dengan harapan tercipta kerindangan dan kesejukan disekitar sekolah, pemberian alat-alat kebersihan seperti sapu, serok sampah, tempat mencuci tangan, poster kesehatan dan plakat juga diberikan sebagai kenang-kenangan yang diberikan secara simbolis oleh ketua panitia pelaksana kepada wakil guru SDN Semangat Dalam.

Photo bersama pun menjadi agenda terakhir kegiatan penyuluhan kesehatan di SDN Semangat dalam, setelah berpamitan kepada adik-adik , saling bersalaman dan mengucapkan salam perpisahan, para Mahasiswa pun bersiap untuk pulang, namun ada yang sedikit mengejutkan, ternyata selama panitia melakukan kegiatan penyuluhan kesehatan, para guru SDN Semangat Dalam telah juga menyiapkan hidangan sebagai pelepas lapar dahaga, hangatnya teh manis dan kue-kue lain telah siap diatas meja, sungguh merupakan hal yang tak diduga, ternyata para guru begitu baik hati dan sangat peduli terhadap para mahasiswa anggota UKM Sosial Kemasyarakatan STIKES MB, para guru pun menghanturkan banyak terimakasih atas kesediaan panitia untuk mengunjungi Sekolah mereka, mereka sangat menyambut sekali kedatangan panitia yang memberikan banyak manfaat bagi para siswa mereka, dan sekaligus meminta maaf jika ada kekurangan dengan keadaan sekolah yang apa adanya.

Para mahasiswa pun akhirnya berpamitan kepada para guru dan mengucapkan terimakasih atas waktu dan tempat yang telah disediakan, juga penyambutan yang begitu hangat oleh lingkungan sekolah dengan kedatangan mereka, tidak lupa kata maaf terlontarkan, sekiranya ada kekurangan dalam kegiatan penyuluhan kesehatan . setelah selesai berkemas-kemas, panitia pun pulang dan siap-siap menghadapi jalan yang menantang, menjadi mahasiswa berkuda, entah daerah mana lagi yang akan menjadi sasaran para anggota UKM Sosial Kemasyarakatan, tunggu kedatangan para mahasiswa berkuda selanjutnya……^^

 
Leave a comment

Posted by on July 23, 2011 in Uncategorized

 

MAKALAH TENTANG THAHARAH

PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Thaharah merupakan miftah (alat pembuka) pintu untuk memasuki ibadah shalat. Tanpa thaharah pintu tersebut tidak akan terbuka . artinya tanpa thaharah, ibadah shalat, baik yang fardhu maupun yang sunnah, tidak sah.
Karena fungsinya sebagai alat pembuka pintu shalat, maka setiap muslim yang akan melakukan shalat tidak saja harus mengerti thaharah melainkan juga harus mengetahui dan terampil melaksanakannya sehingga thaharahnya itu sendiri terhitung sah menurut ajaran ibadah syar’iah.

2. Rumusan Masalah

1. Apa pengertian dari thaharah?
2. Apa saja macam-macam daripada thaharah?
3. Bagaimanakah tatacara dalam thaharah?

3. Tujuan

1. Untuk memenuhi tugas mata kuliah Kependidikan Islam
2. Menambah wawasan penulis dan pembacanya mengenai thaharah
3. Untuk memahami cara-cara bersuci yang dikehendaki oleh syari’at islam dan mempraktekkannya dalam menjalani ibadah sehari-hari.

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah dengan rasa syukur kehadirat Allah SWT yang dengan rahmat dan inayah-Nya Makalah Masalah tentang Taharah ini telah selesai kami susun untuk dapat di pergunakan di kalangan masyarakat umat Islam.
Makalah ini kami susun dengan maksud untuk dapat dijadikan pedoman tambahan bagi mahasiswa dan kalangan masyarakat.
Dengan menggunakan makalah ini semoga kita dapat melaksanakan dan meningkatkan ibadah kita kepada Allah SWT dengan rasa iman, khusyu’ dan ikhlas dengan niat “Li-Ibtiqhaa-i Mardatillah” yakni untuk memperoleh keridhoan Allah baik di dunia maupun di akhirat.

THAHARAH
(Bersuci)

A. Arti Thaharah

Thaharah berdasarkan arti harfiah berarti bersih dan suci, sedangkan berdasarkan pengertian syara`, thaharah berarti mensucikan diri, pakaian dan tempat dari hadats dan najis, khususnya pada saat kita hendak shalat. Lebih jauh lagi, thaharah berarti mensucikan diri dan hati. Thaharah hukumnya wajib bagi setiap mukmin.
Allah swt berfirman :
“Hai orang yang berselimut. Bangunlah, kemudian berilah peringatan !, dan agungkanlah Tuhanmu. Dan bersihkanlah pakaianmu“. (QS. Al-Muddatstsir : 1-4).
Dan pada surat al- baqorah ayat 222:
artinya : “ Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan orang- orang yang mensucikan diri “ .

B. Macam-Macam Air

Air yang dapat dipakai bersuci ialah air yang bersih (suci dan mensucikan) yaitu air yang turun dari langit atau keluar dari bumi yang belum di pakai untuk bersuci.
Air yang suci dan mensucikan ialah:
1. Air hujan
2. Air sumur
3. Air laut
4. Air sungai
5. Air salju
6. Air telaga
7. Air embun

C.. Pembagian Air

Ditinjau dari segi hukumnya, air itu dapat dibagi empat bagian:
1. Air suci dan mensucikan, yaitu air muthlak artinya air yang masih murni, dapat digunakan untuk bersuci dengan tidak makruh (air muthlak artinya air yang sewajarnya.
2. Air suci dan dapat mensucikan, terapi makhruh digunakan, yaitu air musyammas (air yang dipanaskan dengan matahari) di tempat logam yang bukan emas.
3. Air suci tetapi tidak dapat mensucikan, seperti
a. Air musta’mal (telah digunakan untuk bersuci) menghilangkan hadats, atau menghilangkan najis kalau tidak berubah rupanya, rasanya dan baunya.
4. Air mutanajis, yaitu ait yang kena najis (kemasukan najis), sedang jumlahnya kurang dari dua kullah, maka air yang semcam ini tidak suci dan tidak dapat mensucikan.
Jika lebih dari dua kullah dan tidak berubah sifatnya, maka sah untuk bersuci.
Dua kullah sama dengan 216 liter, jika berbentuk bak, maka besarnya = panjang 60 cm dan dalam/tinggi 60 cm.
Peringatan:
Ada satu macam air lagi ialah:
Ada satu macam air lagi ialah suci dan mensucikan tetapi haram memakainya, yaitu air yang diperoleh dari ghashab/mencuri, mengambil tanpa izin.

D. Macam-Macam Najis

Najis ialah suatu benda yang kotor menurut syara’, misalnya:
1. Bangkai, kecuali manusia, ikan dan belalang
2. Darah
3. Nanah
4. Segala sesuatu yang keluar dari kubul dan dubur
5. Anjing dan babi
6. Minuman keras seperti arak dan sebagainya
7. Bagian anggota badan binatang yang terpisah karena dipotong dan sebagainya selagi masih hidup.

Pembagian Najis :
Najis itu dapat dibagi 3 bagian:
1. Najis Mukhaffafah (ringan) : ialah air kencing bayi laki-laki yang belum berumur 2 tahun dan belum pernah makan sesuatu kecuali air susu ibunya.
2. Najis Mughallazhah (berat) : ialah najis anjing dan babi dan keturunannya.
3. Najis Mutawassithah (sedang) : ialah najis yang selain dari dua najis tersebut diatas, seperti segala sesuatu yang keluar dari kubul dan dubur manusia dan binatang, kecuali air mani, barang cair yang memabukkan, susu hewan yang tidak halal dimakan, bangkai, juga tulang dan bulunya, kecuali bangkai-bangkai manusia dan ikan serta belalang.

Najis mutawassithah dibagi menjadi dua:
1. Najis ‘ainiyah : ialah najis yang berujud, yakni yang nampak dapat dilihat
2. Najis hukmiyah : ialah najis yang tidak kelihatan bendanya, seperti bekas kencing, atau arak yang sudah kering dan sebagainya.

2. Cara Menghilangkan Najis
1. Barang yang kena najis mughallazhah seperti jilatan anjing atau babi, wajib dibasuh 7 kali dan salah satu diantaranya dengan air yang bercampur tanah.
2. Barang yang terkena najis mukhaffafah, cukup diperciki air pada tempat najis itu.
3. Barang yang terkena najis mutawassithah dapat suci dengan cara di basuh sekali, asal sifat-sifat najisnya (warna, bau dan rasanya) itu hilang. Adapun dengan cara tiga kali cucian atau siraman lebih baik.
Jika najis hukmiyah cara menghilangkannya cukup dengan mengalirkan air saja pada najis tadi

3. Najis yang Dimanfaatkan (Ma’fu)
Najis yang dimanfaatkan artinya tak usah dibasuh/dicuci, misalnya najis bangkai hewan yang tidak mengalir darahnya, darah atau nanah yang sedikit, debu dan air lorong-lorong yang memercik sedikit yang sukar menghindarkannya.
Adapun tikus atau cecak yang jatuh ke dalam minyak atau makanan yang beku, dan ia mati di dalamnya, maka makanan yang wajib dibuang itu atau minyak yang wajib dibuang itu, ialah makananatau minyak yang dikenainya itu saja. Sedang yang lain boleh dipakai kembali. Bila minyak atau makanan yang dihinggapinya itu cair, maka semua makanan atau minyak itu hukumnya najis. Karena yang demikian itu tidak dapat dibedakan mana yang kena najis dan mana yang tidak.

E. Istinja’
Segala yang keluar dari qubul dan dubur seperti kencing dan berak, wajib disucikan dengan air hingga bersih.

F. Adab Buang Air
1. Jangan di tempat yang terbuka
2. Jangan di tempat yang dapat mengganggu orang lain
3. Jangan bercakap-cakap kecuali keadaan memaksa
4. Kalau terpaksa buang air di tempat terbuka, hendaknya jangan menghadap kiblat
5. Jangan membawa dan membaca kalimat Al-Qur’an

G. Berwudhu

1. Arti Wudhu’
Wudlu’ menurut bahasa artinya bersih dan indah, sedang menurut syara’ artinya membersihkan anggota wudlu’ untuk menghilangkan hadats kecil.
Orang yang hendak melaksanakan shalat, wajib lebih dahulu berwudlu’, karena wudlu’ adalah menjadi syarat sahnya shalat.

2. Fardu Wudhu’
Fardunya wudhu’ ada enam perkara
1. Niat : ketika membasuh muka
2. Membasuh seluruh muka (mulai dari tumbuhnya rambut kepala hingga bawah dagu, dan telinga kanan hingga telinga kiri)
3. Membasuh kedua tangan sampai siku-siku
4. Mengusap sebagian rambut kepala
5. Membasuh kedua belah kaki sampai mata kaki
6. Tertib (berturut-turut), artinya mendahulukan mana yang harus dahulu, dan mengakhirkan mana yang harus diakhirkan

3. Syarat-Syarat Wudhu’
Syarat-syarat wudhu’ ialah:
1. Islam.
2. Tamyiz, yakni dapat membedakan baik buruknya sesuatu pekerjaan.
3. Tidak berhadats besar.
4. Dengan air suci lagi mensucikan.
5. Tidak ada sesuatu yang menghalangi air, sampai ke anggota wudlu’ misalnya getah, cat dan sebagainya.
6. Mengetahui mana yang wajib (fardlu) dan mana yang sunat.

4. Sunat-Sunat Wudhu’
1. Membaca basmalah (Bismillaahirrahmaanirrahim) pada permulaan berwudlu’.
2. Membasuh kedua telapak tangan sampai pergelangan.
3. Berkumur-kumur.
4. Membasuh lubang hidung sebelum berniat.
5. Menyapu seluruh kepada dengan air.
6. Mendahulukan anggota kanan daripada kiri.
7. Menyapu kedua telinga luar dan dalam.
8. Menigakalikan membasuh.
9. Menyela-nyela jari-jari tangan dan kaki.
10. Membaca do’a sesudah wudlu’.

5. Yang Membatalkan Wudlu’
1. Keluar sesuatu dari qubul dan dubur, misalnya buang air kecil maupun besar, atau keluar angin dan sebagainya
2. Hilang akal sebab gila, pingsan, mabuk dan tidur nyenyak
3. Tersentuh kulit antara laki-laki dan perempuan yang bukan muhrimnya dengan tidak memakai tutup, (muhrim artinya keluarga yang tidak boleh dinikah)
4. Tersentuh kemaluan (qubul atau dubur) dengan tapak tangan atau jari-jarinya yang tidak memakai tutup (walaupun kemaluannya sendiri)

6. Cara Berwudlu’
Orang yang hendak mengerjakan shalat wajib lebih dahulu berwudlu’, karena wudlu’ syarat sahnya shalat.
Sebelum berwudlu’ kita harus membersihkan dahulu najis-najis yang ada pada badan, kalau memang ada najis.
Cara mengerjakan wudlu’ ialah:
1. Membaca “BISMILLAAHIRRAHMAANIRRAHIIM”, sambil mencuci kedua belah tangan sampai pergelangan tangan dengan bersih,
2. Selesai membersihkan tangan terus berkumur-kumur tiga kali, sambil membersihkan gigi
3. Selesai berkumur terus mencuci lubang hidung tiga kali
4. Selesai mencuci lubang hidung terus mencuci muka tiga kali, mulai dari tempat tumbuhnya rambut kepala hingga bawah dagu, dan dari telinga kanan ke telinga kiri.
5. Setelah membasuh muka (mencuci muka), lalu mencuci kedua belah tangan hingga siku-siku tiga kali
6. Selesai mencuci kedua belah tangan, terus menyapu sebagian rambut kepala tiga kali
7. Selesai menyapu sebagian rambut kepala, terus menyapu kedua belah telinga tiga kali
8. Dan yang terakhir mencuci kedua belah kaki tiga kali, dari/sampai mata kaki

Keterangan:
Dalam melaksanakan pekerjaan-pekerjaan tersebut diatas, wajib dikerjakan dengan berturut-turut, artinya yang harus dahulu didahulukan dan yang harus akhir diakhirkan.

H. Mandi / Mandi Wajib

Shalat sebagaimana kita ketahui, sahnya juga suci dari hadats besar. Cara menghilangkan hadats besar dengan mandi wajib, yaitu membasuh seluruh tubuh mulai dari puncak kepala hingga ujung kaki.
Sebab-sebab yang mewajibkan mandi:
1. Bertemunya dua khitan (bersetubuh)
2. Keluar mani disebabkan bersetubuh atau dengan lain-lain sebab (Nomor 1 dan 2 dinamakan juga janabat/junub)
3. Mati, dan matinya itu bukan mati syahid
4. Karena selesai nifas (bersalin; setelah selesai berhentinya keluar darah sesudah melahirkan)
5. Karena wiladah (setelah melahirkan)
6. Karena selesai haidl

a. Fardhu mandi
1. Niat : berbareng dengan mula-mula membasuh tubuh

b. Sunnat mandi
1. Mendahulukan membasuh segala kotoran dan najis dari seluruh badan
2. Membaca “Bismillahirrahmaanirrahiim” pada permulaan mandi
3. Menghadap kiblat sewaktu mandi dan mendahulukan bagian kanan daripada kiri
4. Membasuh badan sampai tiga kali
5. Membaca do’a sebagaimana membaca do’a sesudah berwudlu’
6. Mendahulukan mengambil air wudlu’, yakni sebelum mandi disunnatkan berwudlu’ lebih dahulu

c. Larangan bagi orang yang sedang junub
Bagi mereka yang sedang berjunub, yakni mereka yang masih berhadats besar tidak boleh melakukan hal-hal sebagai berikut:
1. Melaksanakan shalat
2. Melakukan thawaf di Baitullah
3. Memegang Kitab Suci Al-Qur’an
4. Membawa/mengangkat Kitab Al-Qur’an
5. Membaca Kitab Suci Al-Qur’an
6. Berdiam diri di masjid

d. Larangan bagi yang sedang haid
Mereka yang sedang haid dilarang melakukan seperti tersebut di atas dan ditambah larangan sebagai berikut:
1. Bersenang-senang dengan apa yang antara pusat dan lutut
2. Berpuasa baik sunat maupun fardlu
3. Dijatuhi talaq (cerai)

I. Tayammum

a. Arti Tayammum
Tayammum ialah mengusap muka dan dua belah tangan dengan debu yang suci. Pada suatu ketika tayammum itu dapat menggantikan wudlu dan mandi dengan syarat-syarat tertentu.

b. Syarat-syarat tayammum
Dibolehkan bertayammum dengan syarat:
1. Tidak ada air dan telah berusaha mencarinya, tetapi tidak bertemu
2. Berhalangan menggunakan air, misalnya karena sakit yang apabila menggunakan air akan kambuh sakitnya
3. Telah masuk waktu shalat
4. Dengan debu yang suci

c. Fardlu tayammum
1. Niat (untuk dibolehkan mengerjakan shalat)
2. Mengusap muka dengan debu tanah, dengan dua kali usapan
3. Mengusap dua belah tangan hingga siku-siku dengan debu tanah dua kali
4. Memindahkan debu kepada anggota yang diusapkan
5. Tertib (berturut-turut)

Keterangan:
Yang dimaksud mengusap bukan sebagaimana menggunakan air dalam berwudlu’, tetapi cukup menyapukan saja dan bukan mengoles-oles sehingga rata seperti menggunakan air.

d. Sunnat Tayammum
1. Membaca basmalah (Bismillaahirrahmaanirrahiim)
2. Mendahulukan anggota yang kanan daripada yang kiri
3. Menipiskan debu

e. Batal Tayammum
1. Segala yang membatalkan wudlu’
2. Melihat air sebelum shalat, kecuali yang bertayammum karena sakit
3. Murtad ; keluar dari Islam

f. Cara menggunakan tayammum
Sekali bertayammum hanya dapat dipakai untuk satu shalat fardlu saja, meskipun belum batal. Adapun untuk dipakai shalat sunnat beberapa kali cukuplah dengan satu tayammum.
Bagi orang yang salah satu anggota wudlu’nya berbebat (dibalut), maka cukup bebat itu saja diusap dengan air atau tayammum, kemudian mengerjakan shalat.

PENUTUP


KESIMPULAN

Berdasarkan makalah diatas dapat disimpulkan bahwa thaharah itu adalah bersuci yang menjadi syarat yang mengesahkan untuk mengerjakan ibadah di dalam thaharoh terdapat berbagai macam cara bersuci diantaranya:

1) Istinja
Istinja ialah membersihkan kubul dan dubur sesudah buang air kecil atau buang air besar dengan memakai air yang suci. Istinja itu hukumnya wajib.

2) Berwudhu’
Air wudlu’ menurut bahasa ialah bersih atau indah. Adapun menurut hukum syara’ ialah membersihkan sebagian dan anggota badan yang tertentu untuk menghilangkan hadas kecil.

3) Tayammum
Tayammum merupakan perbuatan bersuci penganti wudhu dan mandi, dengan mengusap muka dan kedua belah tangan dengan debu yang suci.

4) Mandi
Mandi adalah membasuh seluruh tubuh mulai dari puncak kepala hingga ujung kaki.

DAFTAR PUSTAKA

http://www.contohmakalah.co.cc/2010/10/makalah-tentang-thaharah.html tanggal 23 Mei 2011

http://www.andrieiskandar.co.cc/2011/04/makalah-thaharah.html tanggal 23 Mei 2011

 
Leave a comment

Posted by on July 6, 2011 in pengetahuan

 
 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.